Cara Dapat Bitcoin Cepat dan Mudah


Breaking News

Selasa, 17 Juli 2018

AI Pemecah CAPTCHA

( Tugas Karya - Josep Andre Ginting - 16517244 ) 

CAPTCHA atau Captcha yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart?  menurut wikipedia Bahasa Indonesia adalah suatu bentuk uji tantangan – tanggapan yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Jadi, intinya captcha adalah suatu tes yang ditujukan agar hanya dapat dijawab oleh manusia dan tidak bisa dijawab oleh komputer ( bot ).
Jenis – jenis CAPTCHA ada banyak, mulai dari yang hanya persoalan matematis seperti menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan, menuliskan ulang angka atau kata – kata , hingga dengan menyocokkan gambar.

Beberapa fungsi dari captcha adalah sebagai berikut :
1.      Mencegah Comment Spam
2.      Mencegah Spam Bot
3.      Mencegah Flood
4.      Melindungi Pendaftaran Email


AI atau merupakan singkatan dari Artificial intelligence menurut wikipedia Bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau intelegensi Artificial yang dapat didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
Kelebihan AI :
1.      Bersifat Permanen, tidak berubah
2.      Dapat meyimpan berbagai Informasi atau data tanpa adanya batasan
3.      Cepat dan akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan
4.      Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks
5.      Bisa menduplikasi dan mentransfer suatu kemampuan dengan mudah dari suatu komputer ke komputer lain
6.      Pengguaan tanpa adanya batas waktu, karena AI tidak mengenal lelah dan bosan
7.      Dapat Mengembangkan kemampuan sendiri berdasarkan data yang ada

Selama ini, memang sudah ada web ataupun aplikasi yang disebut-sebut mampu menyelesaikan CAPTCHA yang dapat digunakan walaupun tidak gratis ataupun berbayar. Namun, sebenarnya cara kerja web ataupun aplikasi tersebut sebenarnya bukanlah menyelesaikan senuah CAPTCHA namun hanya mengirim tugas CAPTCHA tersebut kepada orang lain, dimana orang tersebut yang akan menyelesaikannya lalu mengirim jawabannya kembali ke komputer kita, sehingga terkesan bahwa komputer web atau aplikasi tersebutlah yang menyelesaikan CAPTCHA tersebut.


Jadi, menurut Anda bisakah sebuah AI menyelesaikan CAPTCHA ???


Berdasarkan tujuannya CAPTCHA digunakan agar hanya dapat diselesaikan oleh manusia dan tidak bisa diselesaikan oleh sebuah Bot, namun berdasarkan keunggulan – keunggulan yang dimiliki oleh sebuah AI (Artificial Intellegence) , CAPTCHA kemungkinan dapat diselesaikan oleh sebuah AI yang sudah memiliki data atau informasi didalamnya, dan juga ditambah dengan kemampuan dari AI yang dapat mempelajari hal-hal baru dengan menambahkan informasi atau data tambahan dapat diperkirakan bahwa AI memang memiliki kemungkinan yang besar untuk dapat menyelesaikan sebuah CAPTCHA. Sehingga walaupun nantinya kekuatan dari CAPTCHA itu dibuat dengan semakin sulit, dengan banyaknya data yangtersebar di internet , kemungkinan AI juga dapat mempelajarinya dan bisa memecahkan CAPTCHA tersebut.

Berdasarkan kenyataannya memang belum ada sebuah AI yang dirancang untuk terus mempelajari cara-cara untuk dapat menyelesaikan sebuah CAPTCHA, namun dengan keunggulan yang dimilik sebuah AI, bukanlha hal yang mustahil untuk dapat menciptakannya.
Masih banyak orang-orang yang memiliki pendapat pro maupun kontra terhadat hal tersebut.
Namun, jika memang nantinya sebuah AI dapat menyelesaikan CAPTCHA dengan mudahnya apakah masalah – masalah yang ada sebelum adanya CAPTCHA akan kembali muncul dan dapat merusak tatanan-tatanan yang sudah ada di internet ???

Ya, Hal tersebut mungkin saja terjadi dan satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan membuat biaya yang tinggi jika ingin menggunakan AI tersebut sehingga yang menggunakannya hanya memang orang-orang yang butuh dan tidak disalahgunakan oleh banyak pihak.



Sumber :
Wikipedia
Pendapat Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By